PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE , UKURAN PERUSAHAAN, DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi kasus Perusahaan Sektor Industri Barang Rumah Tangga Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019-2021)
DOI:
https://doi.org/10.37673/jafa.v5i1.3122Keywords:
Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahan Dan Price Earning Ratio Pada Nilai Perusahaan.Abstract
Nilai perusahaan adalah gambaran dari suatu perusahaan yang dapat dilihat dari bagaimana kesuksesan suatu perusahaan dalam menjalankan usahannya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti Profitabilitas (ROE), Leverage (DER), Ukuran Perusahaaan (SIZE), dan price earning ratio (PER) terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan yang terdaftar dalam industri barang rumah tangga di BEI periode 2019-2021. Sampel penelitian ini adalah 30 perusahaan yang terdaftar di industri barang rumah tangga periode 2019-2021. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah porposive sampling.Data penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan perusahaan .Analisis Data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan regresi linear berganda metode regresi.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas, ukuran perusahan, price earning ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Skor adjuested R2 sebesar 624 menunjukan bahwa ROE, DER, SIZE, DAN PER memiliki 62,4% untuk PBV, sedangkan 37,6% lainnya ditentukan oleh variabel lainnya.