KONSEP MURABAHAH (JUAL BELI) DAN APLIKASINYA PADA KOPPERASI JASA KEUANGAN SYARI’AH PARIRI LEMA BARIRI (KJKS PALEBA)

Authors

  • Fauzan Ahmad Universitas Cordova

DOI:

https://doi.org/10.37673/jebi.v6i01.1506

Keywords:

Murabahah, Koperasi, keuangan syariah

Abstract

Murabahah (jual beli) adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh konsep islam dalam dunia perekonomian. Pada perbankan bersistemkan syari’ah, produk murabahah menjadi primadona yang mengungguli produk produk lainnya dalam varian pembiyaan. Perkembangan bank syariah akhir kahir ini kalau kita mencoba menganalisa aspek dan factor penyebabnya, memang salah satunya disebabkan oleh produk yang dalam perbankan konvensional ini dikatakan sebagia produk kreatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain secara holistic. Penelitian ini dilakukan pada koperasi jasa keuangan syari’ah pariri lema bariri (KJKS PALEBA) di desa Tepas Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Berdasarkan analisa data dapat disimpulkan bahwa konsep murabahah adalah konsep jual beli barang dalam transaksi sehari hari yang dihalalkan agama, satu pihak dan pihak lain sebagai pembeli, hanya saja aplikasinya dalam system syari’ah kemudian menjadi multi transaksi karena keterbatasan waktu dan tempat, adanya fungsi wakalah sebagai peran pembantu untuk mempertemukan penjual (koperasi) dan pembeli (anggota). Harga yang menjadi kelebihan pada angsuran cicilan, menjadi keuntungan koperasi sebagai wujud dari konsep jual beli.

References

Al-Quran dan Terjemahan

Al Hadist

Abdullah al-Muslih dan Shalah ash Shawi, “ Fikih Keuangan Islam”, cetakan pertama, Daul Haq, Jakarta, 2004.

Adiwarman Karim, “Bank Islam : Analisis Fiqih Keuangan”, edisi kedua, Kharisma Putra Utama Offset. 2004.

Achmad Bukhori, dkk, “Banking Asset Liability Management”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Perencanaan, Strategi, Pengawasan, dan pengelolaan dana, Jakarta, 2000.

BIMB INSTITUTE OF RESEARCH AND TRAINING SDM. BHD, ‘Konsep Syariah Dalam Sistem Perbnakan Islam”, Perniagaan Rita, Cetakan pertama, Malaysia, 1998.

Kashmir, “Manajemen Perbankan”, cetakan empat, PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Kasmir, “Pemasaran Bank”, Edisi Pertama, Fajar Interpratama Offset, 2004.

Lexy J. Moleong, “Metodologi Pnelitian Kualitatif”, edisi Revisi, PT. Remaja Rosda Karya Bandung, 2004.

Moh. Rifai, “Konsep Perbankan Syari’ah”, CV. Wicaksana Semarang, 2002.

Muhammad Abduh, “Memperluas dan Meningkatkan Pendapatan Bank Syariah”

Muhammad Syafi’I Antonio, “Bank SyariahBagi Bankir dan Praktisi Keuangan”, cetakan pertama , Bank Indonesia-Tazkia, 1999.

Muhammad, ‘Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah”, UPP AMP YKPN (Unit Penerbit dan Percetakan Akademik Manajemen Perusahaan YKPN). 2005.

Sugiyono, Dr. “Metode Pnelitian Bisnis”, Bandung : CV Alfabeta, 1999. Cetakan I, dan cetakan ke lima.

Sumardi Suryabrata, “Metodologi Penelitian”, Cetakan 13, PT. Grafinfo Persada, Jakarta, 2002.

Percetakan Akademik Manajemen Perusahaan YKPN. 2002. Penjelasan Fatwa No. 04/DSN-MUI/IV/2000.

Wahbah Zuhaili, “ Fiqih Muamalah Perbankan Syari’ah”, Bank Muammalat Indonesia”.

Published

2021-07-25

How to Cite

Fauzan Ahmad. (2021). KONSEP MURABAHAH (JUAL BELI) DAN APLIKASINYA PADA KOPPERASI JASA KEUANGAN SYARI’AH PARIRI LEMA BARIRI (KJKS PALEBA). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 6-13. https://doi.org/10.37673/jebi.v6i01.1506

Issue

Section

Articles