STRATEGI DIFERENSIASI PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG

Studi Deskriptif Pada J&T Express Cabang Sumbawa

Authors

  • Abdul Salam Universitas Teknologi Sumbawa
  • Sumarni Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/jebi.v6i01.1507

Keywords:

Strategi diferensiasi, pengiriman barang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu strategi diferensiasi pada perusahaan J&T Express Cabang Sumbawa. Penelitian ini Metode yang digunakan  dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. data yang digunakan yaitu data primer dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan J&T Express Cabang Sumbawa memiliki keunggulan di bidang pelayanan dan operasional yang berpotensi menjadi sumber diferensiasi. J&T Express Cabang Sumbawa membangun model bisnis yang kuat dan berkelanjutan berdasarkan sumber-sumber diferensiasi yang tidak mudah ditiru oleh perusahaan pesaingnya, serta J&T Express Cabang Sumbawa mendiferensiasikan perusahaannya berdasarkan lima dimensi yaitu produk, pelayanan, personil, saluran, dan citra.

References

Alam, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amir, M. Taufik. 2005. Dinamika Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arga Aji Saputra, 2018. Strategi Diferensiasi Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Pada J&T Express Yogyakarta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Buchari Alma dan Donni Juni Priansa. 2009. Manajemen Bisnis Syariah.Alfabeta: Bandung.

David, Fred R. 2008. Manajemen Strategis, edisi 10 Jakarta salemba empat

Daymon, Christine dan Immy Holloway. Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing. Yogyakarta: Penerbit Bentang.

Hutama, Cristanto Leona, Subagio. 2014. Jurnal Manajemn Pemasaran Petra, 2(1).

Jatmiko, RD. 2003. Manajemen Stratejik.

Malang UMM. Press

Karnelis. 2017. Jurnal manajemen dan keuangan sekolah tinggi ilmu manajemen pase, 6(1)

Kertajaya. 2010. Connect, Surving New Wave Marketing Strategy. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium, Jilid 1 Jakarta PT.Prebalindo

Sugiyono. (2008). Metode penelitian Bisnis Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode penelitiankualitatif,s kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabete.

Tjiptono, Fandi. 2011. Pemasaran Jasa.

Malang: Banyumedia.

Published

2021-07-25

How to Cite

Abdul Salam, & Sumarni. (2021). STRATEGI DIFERENSIASI PADA PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN BARANG: Studi Deskriptif Pada J&T Express Cabang Sumbawa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 14-19. https://doi.org/10.37673/jebi.v6i01.1507

Issue

Section

Articles