ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KELURAHAN KUANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Authors

  • Eko Suryaningsih Universitas Cordova
  • Novie Jayanti Universitas Cordova

DOI:

https://doi.org/10.37673/jebi.v5i2.850

Keywords:

Minat Masyarakat, Perbankan Syariah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang minat masyarakat terhadap Pebankan Syariah di Kabupaten Sumbawa Barat dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap Perbankan Syariah dan bagaimana minat masyarakat terhadap Perbankan Syariah. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode analisis Uji-t parsial dan secara kualitatif menggunakan metode wawancara. Jumlah responden sebanyak 45 orang. Data yang diuji meliputi pengetahuan, lokasi, bagi hasil, agama, dan minat.  Berdasarkan hasil analisis bahwa faktor agama merupakan satu-satunya faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap Perbankan Syariah dan tingkat minat masyarakat terhadap Perbankan Syariah masih sangat rendah

References

Abduh, Muhammad, Salina Kassim, dan Zainirin Dahari. (2012). ‘’Customer Statisfaction and Switching Behavior in Islamic Banking: Evidence from indonesia’’.. School of Doctoral Studies (European Union) Journal.

Aiyub. (2007). ‘’Analsis Perilaku Masyarakat tehadap Keinginan Menabung dan Memperoleh Pembiayaan pada Bank Syariah di Nanggroe Aceh

Arifin, Zainal. (2009). ‘’Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah’’. Jakarta: Azkia Publisher.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa Barat (2017). Kabupaten Sumbawa Barat.

Bank Indonesia. (2008). ‘’Undang-Undang RI No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah’’. www.bi.go.id

Ernawati, Tatik. (2015). ‘’Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, Lokasi, dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syaria’’. Naskah Publikasi: 1-17.

Karim, Adiwarman. (2014). Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Karmani, Neng. (2012). ‘’Faktor-Faktor yang Mempengauhi Minat Masyarakat dalam Behubungan dengan Bank Syariah di Kota Padang’’. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Christopher. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks.

Maski, Ghozali. (2010). ‘’Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Kompoen dan Model Logisik Studi pada Bank Syariah di Malang’’. Journal of Indonesian Applied Economics.

Muhammad, Kautsar Audytra. (2014). ‘’Pengaruh Pengethuan Warga tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Memilih Produk Bank Muamalat’’. Skripsi UIN Jakarta.

Mowen, John C. Michael Minor dialih bahasakan oleh Lina Salim. (2002). Consumer Behavior 6th edition. New Jersey, Pentice-Hall, Inc.

Samsudin, Ahmad. (2017). ‘’Analisis Minat Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah Di Kabupaten Tangerang’’. Diambil dari http://repository.uinjkt.ac.id/41017/AHMAD%20SAMSUDIN-FEB.pdf

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwidi. (2015). Kumpulan Fatwa MUI. Jakarta: Erwandi Tarmizi.

Sumbawa Barat Post. (2017). ‘’Pemerintah KSB Terus Dorong Bank NTB Jadi Bank Syariah’’. Diambil dari www.sumbawabaratpost.com

Wahab, Abd. (2013). ‘’Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mayarakat Muslim dalam Memilih Perbankan Syariah Mandiri di Kota Makassar’’.

Published

2020-12-30

How to Cite

Suryaningsih, E., & Jayanti, N. (2020). ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PERBANKAN SYARIAH DI KELURAHAN KUANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 20-26. https://doi.org/10.37673/jebi.v5i2.850

Issue

Section

Articles