ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BATTERY MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DI SHOP & DRIVE FATMAWATI JAKARTA SELATAN

Penulis

  • Ruspendi Universitas Pamulang
  • Syahreen Nurmutia Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Persediaan, EOQ, Optimasi Biaya

Abstrak

Persediaan merupakan salah satu kegiatan manajemen yang penting yang berhubungan dengan biaya penyimpanan dan pemesanan. Untuk menekan kuantiti dan total biaya persediaan, dilakukan perhitungan dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) dalam proses pengadaan barang dagangan yaitu Battery Mobil dan Battery Motor. EOQ (Economic Order Quantity) adalah suatu model yang menyangkut tentang pengadaan atau persediaan barang pada suatu perusahaan. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa kuantiti order yang ekonomis untuk Battery Mobil sebanyak 199 pcs perpesanan, dan Battery Motor sebanyak 68 pcs per pesanan, sedangkan fekuensi pembelian optimum Battery Mobil sebanyak 36 kali per tahun atau sekitar 3 kali per bulan dan Battery Motor sebanyak 14 kali per tahun atau sekitar 1 kali per bulan. Total biaya persediaan dengan Metode EOQ yaitu sebesar Rp 1.153.100, sehingga ada penghematan sekitar 3,9% dari total biaya aktual. Untuk Battery Motor hasil perhitungan total biaya persediaan dengan Metode EOQ yaitu sebesar Rp 369.000, dimana ada penghematan biaya persediaan sebesar 45,6 % dari total biaya aktual.

Referensi

Bernad W, Taylor. Sains Managemen Pendekatan Matematika untuk Bisnis. Salemba Empat. Jakarta. 2001.

Indrajit, E.R dan Djokopranoto, R. Manajemen Persediaan. Grasindo.Jakarta 2003.

Indroprasto, I., & Suryani, E. (2012). Analisis Pengendalian Persediaan Produk Dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetika untuk Mengefisiensikan Biaya Persediaan. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A305-A309.

Indroprasto, I., & Suryani, E. (2012). Analisis Pengendalian Persediaan Produk Dengan Metode EOQ Menggunakan Algoritma Genetika untuk Mengefisiensikan Biaya Persediaan. Jurnal Teknik ITS, 1(1), A305-A309.

Mulyono, S. Riset Operasi. Fakultas Ekonomi UI. Jakarta .2002.

Rangkuti, F, Managemen Persediaan. PT. Raja Grasindo Persada.Jakarta. 2004.

Simbar, M., Katiandagho, T. M., Lolowang, T. F., & Baroleh, J. (2014). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu Cempaka Pada Industri Mebel Dengan Menggunakan Metode EOQ (Studi Kasus Pada UD. Batu Zaman). In COCOS (Vol. 5, No. 3).

Taufiq, A. (2014). Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Salsa Bakery Jepara. Management Analysis Journal, 3(1).

Diterbitkan

2021-08-31

Terbitan

Bagian

Articles