PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INFRASTRUKTUR TERBARUKAN CEMERLANG PLTS SENGKOL LOMBOK TENGAH

Penulis

  • Koko Hermanto
  • Iksan Adiasa Universitas Teknologi Sumbawa
  • Silvia Firda Utami Universitas Teknologi Sumbawa

Kata Kunci:

Regresi Linear, SPSS, Sumber Daya Manusia (SDM), Lingkungan Kerja, PT. Infrastruktur Terbarukan Cemerlang PLTS Sengkol Lombok Tengah.

Abstrak

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor terpenting yang harus ada didalam sebuah perusahaan, karena SDM berfungsi sebagai motor penggerak yang dapat menggerakan faktor-faktor yang lainnya dengan tujuan untuk menjalankan segala jenis kegiatan yang terdapat didalam perusahaan. Salah satu yang perlu diperhatikan agar dapat mengembangkan SDM adalah dengan cara memperhatikan lingkungan kerja karyawan dalam perusahaan. Lingkungan kerja merupakan tempat atau lokasi yang terdapat disekitar pekerja dan digunakan untuk bekerja. Sementara Kinerja merupakan hasil akhir yang diberikan oleh seorang atau lebih karyawan kepada perusahaan sebagai timbal balik Berdasarkan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan. Semakin buruknya kinerja yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan maka semakin buruk produktivitas dan performansi perusahaan tersebut. Semakin baik kinerja yang diberikan karyawan kepada perusahaan, maka semakin baik pula produktivitas dan performansi perusahaan tersebut. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan oleh lingkungan kerja terhadap kinerja yang diberikan kepada perusahaan serta membantu perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pengelolaan SDM dalam segi lingkungan kerja. Untuk memenuhi tujuan tersebut, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini guna mengungkapkan seberapa besar pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan adalah dengan menggunakan metode regresi linear sederhana. Proses penyelesaian metode ini menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) untuk lebih memudahkan peneliti dalam proses analisis dan pengolahan data. Berdasarkan dari tujuan  penelitian ini, maka didapatkan hasil penelitian uji hipotesis T (uji parsial) dan F (uji simultan) sebesar 0,121 > 0.05 yang dimaksudkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan

Referensi

Dewi, D. A. N. N. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Researchgate,

Mondiani. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) UPJ Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis.

Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.

Najib. (2020). Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Pada Umkm Maju Makmur Pandaan Pasuruan. Jurusan Maajemen, Fakultas Ekonomi, Uin Maulana .

R. A. Ginanjar. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman. Jurusan Administrasi Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Risnawati. (2017). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada pt pln rayon selatan makassar. UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR.

Sofyan. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA. Malikussaleh Industrial Engineering Journal Vol.2.

Suwondo & Sutanto (2015). Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kinerja Karyawan. Program Studi Manajemen Universitas Kristen Petra.

Hermanto, K. et al. (2020) ‘Application of SEM in analyzing student satisfaction with administrative services’, Journal of Physics: Conference Series, 1663(1), pp. 1–8. doi: 10.1088/1742-6596/1663/1/012008.

Hermanto, K. and Rizqika, F. (2019) ‘Metode Regresi yang Tepat Untuk Meramalkan Permintaan Minyak Solar di Kabupaten Sumbawa’, Unisda Journal of Mathematics and Computational Science (UJMC), 5(1), pp. 17–24.

Hermanto, K. and Utami, S. F. (2019) ‘Peramalan Kebutuhan Air Untuk Penyiapan Lahan Menggunakan Metode Siklis (Studi Kasus Daerah Irigasi Bendungan Batu Bulan Kec. Moyo Hulu)’, Unisda Journal of Mathematics and Computational Science (UJMC), 5(1), pp. 25–34. Available at: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ujmc/article/view/1480.

Suarantalla, R. and Hermanto, K. (2020) ‘Analisis Faktor yang Mempengaruhi Eksistensi Ritel Tradisional di Kecamatan Sumbawa Menggunakan Structural Equation Modeling’, Performa, 19(2), pp. 185–198. doi: 10.20961/performa.19.2.44682.

Utami, S. F. et al. (2020) ‘Peramalan Jumlah Penjualan Sepeda Motor Menggunakan Metode Time Series Studi Kasus?: Dealer Motor Nusantara Surya Sakti (NSS) Sumbawa’, Hexagon, 1(2), pp. 33–41.

Diterbitkan

2021-08-31

Terbitan

Bagian

Articles