PENGARUH LOKASI DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN ALFAMART BATU ALANG KECAMATAN MOYO HULU SUMBAWA

Authors

  • Kariani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Andi Rusni Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Lokasi, Sales Promotion, Impulsive Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Lokasi terhadap impulsive buying pada konsumen Alfamart Batu Alang, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa. 2) Pengaruh Sales Promotion terhadap impulsive buying pada konsumen Alfamart Batu Alang, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa. Model yang digunakan dalam analisis data adalah uji Instrumen penelitian,uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 20. Data yang digunakan yaitu data primer dengan pengambilan sampel secara Insidental Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Lokasi berpengaruh positif dan signifkan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 dimana nilai ini < 0,05. 2) Sales Promotion berpengaruh positif dan signifkan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 dimana nilai ini< 0,05.

References

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan ketiga belas,Penerbit : RadjaGrafindo Persada, Jakarta.

Asterrina, Febrya dan Tuti Hermiati. 2016. Pengaruh Discount Terhadap Perilaku Impulsive Buying (Studi pada: Konsumen Centro Department Store di Margo City). Jurnal Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, S. 2012. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo.

Alma Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Belch, George E., Belch, Michael A. 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective. 8th Edition. New York: McGraw-Hil.

Budiono, D. W., Cholifah, dan Enny Istanti. 2017. Pengaruh instore promotion terhadap keputusan impulse buying pada konsumen Departemen Store Sidoarjo. Jurnal Manajemen Branchmark Vol 3 Issue 3.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 11, Penerbit : Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran, terjemahkan Benyamin Molan, Jilid satu, cetakan keduabelas, Penerbit : Prenhalindo, Jakarta.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2009. Prinsip - prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga .

Lestari, Ria. 2016. Analisis Efek Promosi dan Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Konsumen Mall Kediri Town Square). Jurnal Nusamba Vol. 1 No. 2.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Pengantar Pemasaran Modern, Penerbit : Akademi Manajemen Perusahaan, Penerbit : YKPN, Yogyakarta.

Oentoro, Deliyanti. 2012. Manajemen Pemasaran Modern, cetakan ketigabelas, Penerbit : Laksbang Pressindo, Yogyakarta.

Rochman, F. N. 2016. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Giant

Supermarket Yogyakarta).

Rook, D.W. and Fisher, R.J.,1995. Normative influences on impulsive buying behavior. Journal of consumer research, pp. 305-313.

Sari, D. R., dan Ikhwan. 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan In-stote.

Display terhadap keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar . Jurnal Sains manajemen dan Kewirausahaan.

Sari, D. U. 2017. Pengaruh Price Discount, Sales Promotion, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Pt Matahari Departement Store Tbk Panakkukang Makassar.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sekaran Uma dan Roger Bougie. 2017. Metodologi penelitian untuk bisnis;pendekatan pengembangan-keahlian edisi 6 buku 2.Jakarta selatan: Salemba empat.

Sekaran, Uma. 2017. metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba empat.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian . Bandung: C.V Alfabeta.

Tantri, T. A. 2015. Manajemen Pemasaran . Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisis III. Penerbit : Andi. Offset, Yogyakarta.

Xu, Y. and Huang, J.S., 2014. Effects of price discounts and bonus on online impulsive buying . Social Behavior and Personality: an internasional journal, 42 (8), pp.1293-1302.

Published

2021-06-30

How to Cite

Kariani, & Andi Rusni. (2021). PENGARUH LOKASI DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN ALFAMART BATU ALANG KECAMATAN MOYO HULU SUMBAWA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 22-29. Retrieved from https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1045