ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA HOME INDUSTRI KOPI CAHAYA ROBUSTA SUMBAWA

Authors

  • Muhammad Dermawansyah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Reza Muhammad Rizqi Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Kmunikasi Pemasaran, Digital Marketing dan Home Industri Kopi Cahaya Robusata

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan menjawab tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing pada home inddustri kopi cahaya robusta sumbawa, dalam menjalankan pemasran, promosi dan komunikasi yang di lakukan melaui media digital, untuk menarik minat konsumen yang aktif menggunakn media digital. Metode pendekatan dengan purposive sampling dalam menentukan informan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dengan observasi, pengamatan dengan dalam penelitian ini yaitu komunikasi melalui digital marketing. Strategi komunikasi melalui digital marketing yang dilakukan oleh home industry kopi cahaya robusta sumbawa adalah untuk mempromosikan produk dan memperkenalkan cahaya robusta. Keefektifan penggunaan dapat dilihat dari bebrapa bentuk keuntungan yang di hasilkan dalam penggunaan media digital marketing diataranya, kemudahan dalam pengenalan, kemudahan dalam hal penjualan, dan berkomunikasi. Dari hasil penelitian diharapkan cahaya robusta dalam hal melakukan digital marketing tidak hanya berfokus pada instagram, facebook dan youtube alangkah baiknya ketika mampu mengkolaborasikan media sosial yang digunakan dengan aplikasi lain seperti website, blog, shope dan lainya. Diharapkan digital marketing yang telah dijalankan Cahaya Robusta dapat lebih ditingkatkan lagi agar promosi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147-157.

Agus Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10 No.1, 46-62.

Brian R. 2019. 10 Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis UKM. https://www.maxmanroe.com /manfaat-digitalmarketing.html. Diakses 20 Februari 2019

Chrismardani,Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Untuk UMKM Journal Neo-Bis,8 (2) 176-189

David, Fred R. (2016). Manajemen strategic:Suatu Pendekatan dan Keunggulan Bersaing. Edisi 15.Jakarta: Salemba Empat.

Direktorat Jendral Perekebunan. 2020. Produksi Kopi Menurut Provinsi di Indonesia, 2016- 2020.

Efendi dan Udayana, 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Andi Yogyakarta.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.

Karinov. (2018). Pengertian Bauran Pemasaran (7P – Marketing Mix). Diambil dari: https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/. (18 Desember 2018)

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Nurul hidayah.2018. Analisis Strategi Digital Marketing DalamMembantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Universitas Islam Indinesia: Yogyakarta

Published

2021-06-30

How to Cite

Muhammad Dermawansyah, & Reza Muhammad Rizqi. (2021). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA HOME INDUSTRI KOPI CAHAYA ROBUSTA SUMBAWA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46-51. Retrieved from https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1047