PENERAPAN BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN KLINIK/PRAKTIK BERSAMA 24JAM dr. HADI SUSANTO SURABAYA

Authors

  • Astuti Oktaliana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya
  • Leonard Adrie Manafe Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya

Keywords:

Usaha Kesehatan, Strategi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Zaman seperti sekarang ini kesehatan adalah aspek utama yang menjadi prioritas dalam kehidupan setiap
manusia. Terutama dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang wajib
terpenuhi untuk menjaga rutinitas dan pekerjaan agar tidak terhambat. Klinik merupakan salah satu penyelenggara
pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum yang memberikan pelayanan yang bermutu dan professional kepada
setiap pasiennya. Klinik/Praktik Bersama 24Jam dr. Hadi Susanto adalah salah satu klinik pratama rawat jalan yang
didirikan perorangan di Kota Surabaya. Melayani masyarakat sekitar Surabaya dan Sidoarjo tepatnya di daerah
Rungkut dan Waru. Penenlitian ini bertujuan penerapan bauran pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Model pendekatan ini adalah deskriptif kualitatif yang mencermikan gambaran dari suatu keadaan tertentu. Metode
analisis yang digunakan adalah bauran pemasaran (marketing mix). Sehingga mendapatkan beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dari hasil penelitian menggunakan bauran pemasaran (marketing mix)
faktor yang paling mempengaruhi adalah promotion (promosi), product (produk), process (proses), price (harga),
place (tempat), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik).

References

(1) Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix

Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home

Industry Moshimoshi Cake Samarinda). eJournal

Administrasi Bisnis.

(2) Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh

Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen

pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal

Manajemen dan Keuangan.

(3) Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016).

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online.

Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.

(4) Juniardi, A., Haerani, S., & Munir, A. R. (2018).

Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap

Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Novotel

Makassar Grand Shayla City Center. Hasanuddin

Journal of Aplied Business and Entrepreneurship.

(5) Moensaku, P. Y., & Kune, S. J. (2016).

Implementasi Marketing Mix Pada Pemasaran

Abon Ikan di Kelurahan Humusu C, Kecamatan

Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara

(Studi Kasus Pada Kelompok Abon "Pantura").

Jurnal Agribisnis Lahan Kering.

Published

2021-06-30

How to Cite

Astuti Oktaliana, & Leonard Adrie Manafe. (2021). PENERAPAN BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN KLINIK/PRAKTIK BERSAMA 24JAM dr. HADI SUSANTO SURABAYA. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 81-89. Retrieved from https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1077