PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER MEDIS SENSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Indonesia

Authors

  • Sumayah Nur Rohmah jmb Universitas Teknologi Sumbawa
  • Serli Oktapiani Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/jmb.v4i2.1303

Keywords:

Price, Product Quality, Purchase Decition

Abstract

This study aimed to examine the influence of price and product quality on purchasing decisions for Sensi Medical Masks at Sumbawa University of Technology students. The variables used were Price, Product Quality and Purchasing Decision. The method used was quantitative research method through causal associative approach. This research will determine the significant relation between the variables studied. The population was all active students of the Sumbawa Technology University with a purposive sampling technique comprising of 100 active students who have purchased and used Sensi medical masks within the last 6 months. The instrument used was a questionnaire and the analytical tool used was SPSS. The type of data was primary data obtained from the results of filling out a questionnaire with a 4-point Likert scale assessment. The analytical technique used was multiple linear regression analysis. The results of this study indicated that the variables of Price and Product Quality have a significant positive influence on purchasing decisions for Sensi medical masks at Sumbawa University of Technology students, as evidenced by the results of the t-test calculation (partial) where the significance value of the Price variable was 0.041 < 0.05 with a value of tcount 2,087 > a value ttable 1,984 and Product Quality variable of 0,000 < 0,05 with a value of tcount 6,451 > a value of ttable 1,984.

References

Amilia, Suri dan Nst M. Oloan Asmara (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan 6(1):660-669.

Fetrizen, Nazaruddin Aziz. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. Padang: Badan Penerbit STIE KBP

Buchory, A. H., & Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Bandung: Linda Karya. Halaman 159.

Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang dan Sjendry Loindong. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA.Jurnal Manajemen dan Bisnis 5(2). doi:https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16521

Habibah, Ummu dan Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura.Jurnal Ekonomi dan Bisis 1(1):31-48

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Halam 290.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Manejemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lubis, Akrim Ashal. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal ilmiah dan manajemen bisnis 16(02):1-11

Sejati, B. dan S. Aria. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal ilmu dan Riset Manajemen 5(3). ISSN-2461-0593

Wijayanti, H., & Srihandayani, C. M. (2015). Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite Pada PT. Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah Ekonomi, 20 (1 Juli), 107.

Alfamart. (2021). Harga Masker Medis. https://alfamart.co.id/, diakses tanggal 26 Februari 2021

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. (2020). Masker Menjadi Peluang Usaha di Masa Pandemi COVID-19. https://covid-19.go.id/p/berita/masker-menjadi-peluang-usaha-di-masa-pandemi-covid-19, diakses tanggal 22 Januari 2021

CNN Indonesia. (2020). Penjualan Masker Toko Online RI Capai Rp652 Juta Dalam 8 Hari. https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20200313180310-206-483264/penjualan-masker-toko-online-ri-capai-rp652-juta-dalam-8-hari, diakses tanggal 22 Januari 2021

Sensi Indonesia. (2021). Macam-macam Model Masker Medis Sensi. https://shopee.co.id/sensi.co.id?shop=40005960&tab=1, diakses tanggal 26 Februari 2021

Alodokter. (2020). Inilah Pilihan Masker Untuk Virus Corona. https://www.alodokter.com/inilah-pilihan-masker-untuk-virus-corona, diakses tanggal 22 Januari 2021

Vera Khairifah. (2020). 6 Merk Masker Medis Terbaik di Indonesia, Tingkat Efektifitas Tinggi. https://www.cekaja.com/info/merk-masker-medis-terbaik, diakses tanggal 22 Januari 2021

Published

2021-10-31

How to Cite

jmb, S. N. R., & Serli Oktapiani. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASKER MEDIS SENSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA: Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 43-49. https://doi.org/10.37673/jmb.v4i2.1303