PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KRIDA DINAMIK AUTO NUSA CABANG SUMBAWA

Indonesia

Authors

  • Andi Rusni Universitas Teknologi Sumbawa
  • Muhammad Marwan Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/jmb.v4i2.1306

Keywords:

Advertising, Brand Image, Purchasing Decision

Abstract

This study aims to examine the effect of advertising and brand image on purchasing decision for Honda Motorcycle at Krida Dinamik Auto Nusa. This research is quantytatif data that use is primer. The sourch of the data is eksternal which is obtain depend on quisioner from 96 respondend. The method to obtain the sample is purposive sampling with non-probability sampling. Validaty test instrumen with SPSS. Double regresi liniear Analysis is used to test hipotesis of this reseach.This research show that : (1) advertising variable has impact but not significant of Buying Decision of Honda Motorcycle in Krida Dinamik Auto Nusa. (2) Brand Image variable has positive impact to Buying Decision of Honda Motorcycle in Krida Dinamik Auto Nusa.

References

Abdussalam, N. (2018). “Jurnal Pengaruh iklan, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian honda beat studi kasus pada dealer honda Eka Prima Surabaya”. Doctoral dissertation: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Arikunto, S. (2010). “Metode Penelitian”. Jakarta: Bumi Aksara.

Buchari, Alma. (2011). “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Durianto, Darmadi. (2011). “Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”, Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Duwi Priyatno. (2013). Olah Data Statistik dengan Program PSPP . Yogyakarta: MediaKom.

Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 23”. Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2013). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan. 2014. “Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan”. Edisi Kedua Belas. CAPS: Yogjakarta.

Hutagaol, C. D. (2019). “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak”. USU (PAJUS: Medan.

Jacob, A. A., Lapian, S. J., & Mandagie, Y. (2018). “Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa FEB UNSRAT”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2).

Kasali, Rhenald. (2010), “Myelin Mobilisasi Intangibles Menjadi Kekuatan Perubahan”. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Koesoemaningsi, R. (2013). “Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Pendidikan Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi”, 13(2).

Kotler dan Keller. (2012). “Marketing Management” Edisi 14. Global Edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P. (2011). “Reinventing marketing to manage the environmental imperative”. Journal of marketing, 75(4), 132-135.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). “Marketing Management” 14th ed. New Jersey: Pearson Prestice Hall.

Kotler, Philip and Kevin L Keller. (2012). “Marketing Management”, 14th ed. Prentice Hall Internasional Inc. New Jersey.

Kotler, Philip, Gary Armstrong. (2012). “Principles of Marketing”, 14th Edition. United States of America: Pearson.

Marcelino, Keller. (2020). “Pengaruh Citra Merek, Faktor Emosional Pelanggan, dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Coffee Shop Kopi Wolu G-Walk di Surabaya”. Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945: Surabaya.

Morissan.2010. “Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu”. Jakarta: Kencana.

Notoatmodjo, S. 2010. “Metodologi Penelitian Kesehatan”. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nuryani, S. (2014). “Analisis Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk di Semarang”. Skripsi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Philip Kotler dan Gary Armstrong, (2013). “Principles of Marketing: Fourteen Edition, Person Education”, Inggris.

Pradana, D. A., & Handrito, R. P. (2013). ”Pengaruh Iklan, Persepsi Harga, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Sony Experia studi pada mahasiswa konsumen pengguna ponsel android merek sony xperia di Kota Malang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2.

Ridwan dan Sunarto. (2012). “Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis”. Bandung: Alfabeta.

Saputra, R., & Karneli, O. (2018). “Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen Produk Merek Honda (Survei Konsumen pada Dealer CV. Cempaka Motor di Kabupaten Sijunjung)”. Doctoral dissertation: Riau University.

Schiffman dan Kanuk. 2010. “Perilaku Konsumen”. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sekaran, K, amd Bougie (2010 : 325). “Research Methods For Business : A Skill Building Approach”, Fifth Edition, UK: John Wiley & Sons Ltd.

Wahyuni, S., & Pardamean, J. (2016). “Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas”. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 3(1), 13-30.

Wibisono, D. (2012). “How to Create a World Class Company”. Bandung: Penerbit. Erlangga.

Zamroni, A. (2016). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent Pada Konsumen Indomaret Plus Di

Jalan M. Yamin Samarinda”. Yamin Samarinda. Ejournal Administrasi Bisnis, 4(4), 960-974.

Published

2021-10-31

How to Cite

Andi Rusni, & Muhammad Marwan. (2021). PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KRIDA DINAMIK AUTO NUSA CABANG SUMBAWA: Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 65-71. https://doi.org/10.37673/jmb.v4i2.1306