PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS MIE GACOAN DIPONEGORO LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Aji Universitas Islam Negeri Lampung
  • Arniz Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Aisyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Vicky Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37673/jmb.v6i2.3519

Keywords:

Kualitas produk, Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Mie gacoan diponegoro Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Mie Gacoan Diponegoro Lampung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Produk dan Fasilitas Mie Gacoan sebagai variabel independen, serta Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 responden. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Kualitas Produk dan Variabel fasilitas Mie Gacoan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan untuk itu dapat disimpukan bahwa, semakin tinggi kualitas produk dan fasilitas maka dapat membuat konsumen melakukan pembelian berulang, dan senang dengan produk tersebut.

References

Andayani, S., . K., & Putri, A. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Adiksi Coffee. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 8(2), 243–255. https://doi.org/10.24967/jmb.v8i2.2043

Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, 56(2), 57. https://doi.org/10.2307/1252042

Faisal Akbar, M., Ariyanto, A., & Sudarsono, A. (2021). Pengaruh Fasilitas Olahraga Terhadap Kepuasan Pelanggan Member Sport Club Meadow Terrace BSD. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 2(1), 21–28. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga.

Kusuma Wardani, N. . L. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ANGKRINGAN SEPANJANG JALAN BARU KOTA PONOROGO. IAIN PONOROGO.

Pantilu, D., Koleangan, R. A. M., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Pengaruh Kualitas…… 3723 Jurnal EMBA, 6(4), 3723–3732.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multi-item scale for measuring customer perception of service quality. Journal of Retailing.

Prasasti, G. A., & Maisara, P. (2022). PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GACOAN DI SOLO RAYA. IX, 276–288.

Rizki, Naufalli, M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GACOAN MALANG (Studi pada Mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Angkatan 2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 259–264. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/495

Sari, H. V. P., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1–9.

Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352

Sugiono. (2017). Sugiyono, 2017:60. Journal of Chemical Information and Modeling.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. ALFABETA. Bandung. ALFABETA.

Sugiyono. (2021). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. In Jurnal Al-Hikmah.

Published

2023-12-31

How to Cite

Pratama, A., Linzani, A., Balqis, A., & Sanjaya, V. F. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN FASILITAS MIE GACOAN DIPONEGORO LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 51-57. https://doi.org/10.37673/jmb.v6i2.3519