Jurnal Senja Sejarah dan Sosial Humaniora https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh <p>JSSH : Jurnal Senja, Sejarah dan Sosial Humaniora) diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Teknologi Sumbawa dengan tujuan utama untuk menyebarkan analisis kritis dan orisinal dari para peneliti dan praktisi akademis terhadap berbagai permasalahan sejarah dan sosial humaniora kontemporer baik dalam maupun luar negeri. Tulisan diterbitkan setelah melalui proses peer-review dengan memberikan analisis eksklusif terhadap isu-isu sejarah dan sosial humaniora dari berbagai perspektif. JSSH memberikan hasil studi berkualitas tinggi dan pemikiran baru bagi praktisi akademis, peneliti dan pengambil keputusan untuk mendobrak kompleksitas dan dinamika perubahan sosial kontemporer. Diterbitkan beberapa kali dalam setahun: Juni, juli, Agustus dan Desember, JSSH hadir sebagai wadah-juga mengundang-para peneliti, praktisi akademis, dan intelektual untuk menyampaikan tulisan-tulisan kritisnya dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu-ilmu sejarah dan sosial humaniora.</p> en-US totok.suhadak@uts.ac.id (Totok Suhadak) totok.suhadak@uts.ac.id (Totok Suhadak) Mon, 21 Jul 2025 20:31:06 +0700 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 TRANSFORMASI NILAI SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DI ERA MODERN https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6448 <p>Era modern ditandai dengan tantangan globalisasi, disrupsi teknologi, dan perubahan nilai-nilai sosial yang cepat. Dalam konteks pendidikan, penting untuk merumuskan strategi pembelajaran yang tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga membangun karakter dan jiwa kewirausahaan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai sejarah dapat ditransformasikan dan diintegrasikan dalam pendidikan karakter serta manajemen kewirausahaan pendidikan. Kajian pustaka ini menunjukkan bahwa sejarah bukan sekadar catatan masa lalu, melainkan sumber nilai moral, etika, dan keteladanan yang relevan bagi pembentukan karakter dan mental wirausaha di kalangan peserta didik. Melalui pendekatan manajerial yang adaptif dan transformatif, nilai-nilai<br>sejarah dapat dioptimalkan untuk menjawab kebutuhan pendidikan abad ke-21.</p> Abdul Alimun Utama Copyright (c) 2025 https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6448 Mon, 04 Aug 2025 00:00:00 +0700 RANSFORMASI NILAI SEJARAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DI ERA MODERN https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6444 <p><em>The modern era is marked by the challenges of globalization, technological disruption, and the rapid transformation of social values. In the context of education, it is essential to formulate learning strategies that not only transmit knowledge but also cultivate character and an entrepreneurial spirit. This article aims to explore how historical values can be transformed and integrated into character education and educational entrepreneurship management. This literature review reveals that history is not merely a record of the past but a source of moral values, ethics, and exemplary models that are highly relevant to character building and entrepreneurial mindset development among students. Through an adaptive and transformative managerial approach, historical values can be optimized to meet the demands of 21st-century education.</em><em><br></em><strong><em>Keywords:</em></strong><em>&nbsp;History, Character Education, Entrepreneurship Management, Value Transformation, Modern Era</em></p> Yayuk Sri Wahyu Hidayati Copyright (c) https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6444 SEJARAH PENGUATAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6400 <p>Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Untuk menghadapi tantangan era modern, dibutuhkan pendekatan manajerial yang inovatif dan adaptif, salah satunya melalui manajemen kewirausahaan. Artikel ini mengkaji secara teoritis peran manajemen kewirausahaan dalam pengembangan proyek pendidikan berbasis teknologi. Dengan menggunakan metode kajian pustaka, artikel ini membahas prinsip, tantangan, dan strategi penguatan manajemen entrepreneurship dalam konteks pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kewirausahaan dalam proyek pendidikan berbasis teknologi dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan<br>keberlanjutan program.</p> Sri Wahyu Copyright (c) 2025 https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6400 Thu, 31 Jul 2025 00:00:00 +0700 HISTORY AND VALUES OF CHARACTER EDUCATION IN THE ART OF THE GAME REBANA SUMBAWA https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6398 <h1><em>Technological advancements have brought significant changes to the field of education. To address the challenges of the modern era, an innovative and adaptive managerial approach is requiredone of which is entrepreneurial management. This article theoretically examines the role of entrepreneurial management in the development of technology-based educational projects. Using a literature review method, the article discusses the principles, challenges, and strategies for strengthening entrepreneurial management within the educational context. The findings indicate that integrating entrepreneurship into technology-based educational projects can enhance the effectiveness, efficiency, and sustainability of such programs</em></h1> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: Entrepreneurial Management, Educational Projects, and Technology</em></p> Yayuk Sri Wahyu Hidayati Copyright (c) https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6398 ANALISIS FILM “1991 REVOLUTION: KOMPARASI LITERATUR SEJARAH https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6385 <p><em>This research aims to explore an understanding of the efforts made by nationalists to realize the ideals of building the independence of the Republic of China. Apart from that, this research will also reveal who the nationalist figures were who played a role in realizing the independence of the Republic of China, and how the struggle carried out by nationalists ended. The results of this research will provide an overview of the struggle of nationalists led by Sun Yat Sen in realizing the independence of the Republic of China. The method used by the author is a narrative descriptive method with a literature study approach, which aims to describe and analyze events that occurred using written sources that are relevant to the research topic.</em></p> <p>&nbsp;</p> irhas fansuri mursal Copyright (c) https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jssh/article/view/6385