Perancangan Aplikasi Pelaporan Keuangan Terintegrasi Untuk Meningkatkan Fleksibilitas Keuangan Dojang Taekwondo Kabupaten Sumbawa
DOI:
https://doi.org/10.51401/jurtikom.v2i3.4412Keywords:
Perancangan, Laporan Keuangan, Dojang Taekwondo, Android, Waterfall, Unified Modelling LanguangeAbstract
Dojang Taekwondo Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu Olaharaga seni bela diri yang ada ada di Kabupate Sumbawa. Berdasarkan data Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) jumlah dojang yang ada pada tingkat Nasional terdapat1.163 Dojang/unit. Pada tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat 87 dojang/unit dan pada dojang taekwondo Kabupaten Sumbawa terdiri dari 11 Dojang dan 341 atlet. sistem pelaporan keuangan pada Dojang Taekwondo masih perekapan pada buku dan Microsoft excel. Berdasarkan permasalahan tersebut di butuhkan sistem perancangan aplikasi pelaporan keuangan yang terdigtalisasi agar dapat mempermudah pengolahan data keuangan. Penelitian ini menggunakan bahasa pemograman Java, kode editor menggunakan Android studio dan database MariaDB. Serta pengujian menggunakan Black-box testing telah berhasil diuji sesuai dengan yang direncanakan. Metode penelitian yang digunakan pada sistem ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengembangan perangkat lunak dan perancangan menggunakan metode waterfall dan metode perancangan Unified Modelling Languange.
References
Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.
Dix, P. (2017). InfluxData (InfluxDB) | Time Series Database Monitoring & Analytics. InfluxData, Inc., 12(2), 168–174. https://www.influxdata.com
Dwi, F., Putra, S., & Iskandar, A. R. (2020). Perancangan Aplikasi Pembayaran Iuran Kas Warga Di Banyu Biru Residence Berbasis Android. EJournal Mahasiswa Akademi Telkom Jakarta (EMIT), 2(1), 36–42.
Dwi Ningsih, S. (2021). Implementasi Aplikasi Pembayaran SPP Pada TK Al - Hidayah Tangerang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i1.2700
Elektro, P. T., Teknik, F., & Udayana, U. (2018). MENGGUNAKAN JOYSTICK BERBASIS ARDUINO TAEKWONDO. 5(2), 278–284.
Enterprise, J. (2010). Ponsel Android (p. 91).
Händel, K. (1972). Alkoholwirkung in der Resorptionsphase. Therapie Der Gegenwart, 111(5), 756-757 passim.
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
Khusuma, P., Sunarti, V., & Hayati, N. (2021). Peranan Metode Pelatihan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Taekwondo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3895–4901.
Lahay, D., & Sulaeman, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Tagihan Iuran Pemasangan Jaringan Pada PT. Molindo Media Persada Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi, Sains Dan Humaniora, 2019(November), 44–49.
Muslihudin, M., & Helmiyanto. (2020). Aplikasi Pembayaran Spp Berbasis Android Di Madrasah Aliyah Walisongo Lampung Tengah. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen Basis Data (SIMADA), 03(01), 68–79. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/SIMADA/article/view/2008/1069
Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6–12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153
Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan (p. 657).
Shalahuddin, R. A. . S. dan M. (2018). Rekaya Perangkat Lunak (p. 296).
Syerlie Annisa, Juwita Azizah, & Leonard Tambunan. (2021). Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Dalam Upaya Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.33372/stn.v7i2.756
1Vetdri, A. A., Mulyono, H., & Junaidi, S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Desktop pada SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2446–2457.
Wahyuni, T., Ii, S., & Raharjo, S. (2020). Sistem Informasi Geografis Wisata Kuliner Berbasis Android. INFOTECH Journal, 6(2), 36–43. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/836/510

Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Rodinato, Juniardi Akhir Putra, Hadijatol Kadri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.