PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE ORIGINOTE

Authors

  • Rheisnandya Pradipta Utami Universitas Teknologi Sumbawa
  • Tomy Dwi Cahyono Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.37673/nje.v5i02.3744

Keywords:

Electronic Word Of Mouth; Harga; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk

Abstract

Produk The Originote merupakan produk Skincare asal China yang pertama kali ada di Indonesia pada April tahun 2022. Produk ini cukup banyak digemari oleh masyarakat yang mempunyai rentang usia 17-25 tahun. Namun ketenaran ini tidak berlangsung lama, karena produk ini diterpa isu mengenai kualitas produk dan harga yang ditawarkan, didukung dengan adanya electronic word of mouth menjadi penyebab utamanya isu ini tersebar luas dan cepat. Tetapi, dalam waktu 1 tahun The Originote menjadi produk dengan penjualan tertinggi di 2 platform marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh electronic word of mouth, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk The Originote di Kabupaten Sumbawa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dimana sampelnya merupakan masyarakat umum di Kabupaten sumbawa dengan rentang usia 17-25 tahun dan menggunakan produk The Originote. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang didapatkan dari sumber data primer, lalu diolah menggunakan aplikasi SPSS ver.22. Hasil penelitian ini adalah 1) Electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published

2023-12-30

How to Cite

Pradipta Utami, R. ., & Dwi Cahyono, T. . (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE ORIGINOTE . Nusantara Journal of Economics, 5(02), 37-45. https://doi.org/10.37673/nje.v5i02.3744