Perancangan kit trainer sebagai modul praktikum mikroprosesor untuk laboratorium Teknik Elektro Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Kit Trainer, ESP 8266, sensor DHT 22, seven segment, IoT

Abstract

Teknologi saat ini kemajuannya begitu pesat sehingga dunia pendidika harus beradaptasi dengan cepat. Proses adaptasi adalah dengan meningkatkan mutu pembelajaran dengan menggunakan media praktikum, sehingga beberapa teori yang telah dipelajari dapat diuji secara langsung. Kit trainer yang merupakan media praktikum dapat dapat dirancang sendiri dengan beberapa komponen pendukung untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pada kegiatan praktikum. Adanya kit trainer dapat memenuhi dan mempermudah proses pembelajaran pada kegiatan praktikum mikroprosesor. Laboratorium teknik elektro saat ini masih kekurangan media praktikum, sehingga peneliti melakukan penelitian untuk merancang kit trainer pada mata kuliah mikroprosesor. Perancangan trainer berbasis ESP 8266, Oled display, sensor DHT 22, seven segment, dan relay.

Published

2023-12-27

How to Cite

[1]
“Perancangan kit trainer sebagai modul praktikum mikroprosesor untuk laboratorium Teknik Elektro Universitas Teknologi Sumbawa”, RENTECHS, vol. 1, no. 1, pp. 11-17, Dec. 2023.

Issue

Section

Articles