PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SIOMPU

Authors

  • Suwarni La Usa Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rismayani Arman

DOI:

https://doi.org/10.36761/jt.v7i1.2232

Keywords:

Metode Quantum Teaching, Hasil Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Siompu pada materi faktorisasi suku aljabar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 siompu, pada materi faktorisasi suku aljabar melalui penerapan metode quantum teaching. Tipe penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Siompu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Siompu dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik pada tes awal sebesar 41,55% dengan presentasi ketuntasan 2 orang (8,33%), meningkat pada siklus I menjadi 14 dengan presentasi ketuntasan 58,33%, dengan nilai rata-rata 64,68. Sedangkan pada hasil tes siklus II  semua peserta didik atau 100% yang tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 2 Siompu pada materi faktorisasi suku aljabar.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

………(2005).Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, Benyamin. (2002).Membesarkan Anak Yang Memiliki Kecerdasan dan Evaluasi Belajar.Jakarta: Gramedia.

De Poter,Bobbi. (2004). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakrya: Bandung

………(2005).Quantum Teaching. Bandung: Mizan

Dimiyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumanta, Wahyudin. Mari memahami konsep Matematika untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiah. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Hamalik, Oemar. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar.(2009). Strategi Pembelajaran Quantum Teaching. Kelas XI Nurul Falah: Pekanbaru.

…………Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagaiPengembangan Professi Guru. Jakarta: PT. Rafagrafindo Persada.

Nilandari. (1999). Cara-Cara Menjadi Guru Profesional. Jakarta Rineka Cipta.

Rose. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (1991). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah. 1995. Model-Model Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Sarifudin, Udin W dan T. Sukamto. (1996). Teori - teori Belajar dan Model – model PembelajaranPAU Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Instruksional. Jakarta: Ditjen DIKTI.

Suarma, Dina Maya Dina. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. Jakarta : Cakrawala Masa Karya.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sugiono. (2009).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukidin, Basrowi dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.Surabaya : Insan Cendekia.

Sumiati, Dra. Dan Asra, M.Ed. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.

Suprayekti. (2007). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Uno. (2004). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Angkasa.

Winkel W.S. (1986). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Published

2023-02-21

Issue

Section

Articles