IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPING PADA SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG CETAKAN BERBASIS WEB

Penulis

  • Dony Ardiyansah Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Omar Pahlevi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Tri Santoso Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

Kata Kunci:

Metode Prototyping, Pengadaan Barang, Sistem Informasi, Web

Abstrak

Sistem informasi pengolahan data yang cepat dan akurat sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak dalam dunia usaha terutama di bidang perbankan, sistem informasi pengadaan pada umumnya sangat diperlukan untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan administrasi pada bagian unit pengadaan barang. PT. Bank ICBC Indonesia merupakan perbankan dinamis dan modern hampir semua pekerjaan di dukung dengan sistem yang sudah terkomputerisasi, namun ada  bagian tertentu dalam prosesnya masih bersifat manual, kendala yang sering ditemukan di sini adalah kurang terkontrolnya proses pencatatan penerimaan dan pengeluaran barang sehingga antara data yang tersedia dengan stok barang tidak sesuai. Permasalahan dokumetasi yang masih dilakukan secara manual serta kurang terkontrolnya proses pencatatan penerimaan dan pengeluaran barang sehingga antara data yang tersedia dengan stok barang bisa tidak sesuai. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah sistem informasi pengadaan barang cetakan yang mampu meminimalisir kesalahan input sekaligus dapat menyajikan laporan yang lebih efisien dan akurat. Penelitian ini menggunakan metode prototype sebagai metode pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan adobe dreamweaver CS5 sehingga menghasilkan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan oleh unit kerja pengadaan barang dan jasa.

Referensi

D. Tantra, L. W. Santoso, and Yulia, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Perusahaan Jasa Ekspedisi PT . X,” J. INFRA, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2015.

A. Pradipta Amar, Y. Prasetyo Adam, and N. Ambarsari, “Pengembangan Web E-Commerce Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype,” e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 1, pp. 1042–1056, 2015, [Online].Available:http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/2726.

A. O. Sari and E. Nuari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Dengan Metode Fast (Framework For The Applications),” J. PILAR Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 261–266, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/705.

A. M. Shomad, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Barang pada CV . Matsunami Computer Madiun Berbasis Website,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Dan Komun., pp. 119–124, 2019.

E. N. Hayati and A. Adhi, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang,” Din. Tek., vol. IV, no. 1, pp. 38–50, 2010.

F. Fatma and J. Devitra, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Website Pada Biro Pengolahan Barang Milik Daerah SETDA Provinsi Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 28–37, 2019.

Rusdiansyah, “Membangun Prototype Sistem Informasi Arsip Elektronik Surat Perjanjian Kerjasama Pada Business Support Departement,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 157–162, 2018, doi: 10.33480/pilar.v14i2.903.

Diterbitkan

2021-07-02