Pendidikan Kritis Sebagai Upaya Kepemimpinan Perempuan (Studi Kasus Di Desa Tarusa)
Main Article Content
Abstract
Pendidikan kritis berperan penting dalam kehidupan perempuan, baik dalam hal kepemimpinan. Pendidikan kritis membantu perempuan mengembangkan kesadaran kritis terkait kondisi sosial dan politik yang mereka hadapi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan latar belakang, proses, dan tantangan yang dihadapi oleh Solidaritas Perempuan Sumbawa dalam mengadakan program pendidikan kritis di kelompok Pelita Bumi Tarusa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukan bahwa latarbelakang program ini adalah faktor budaya patriarki, ketidaksetaraan gender, dan kurangnya akses pendidikan bagi perempuan. program ini berhasil meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri peserta melalui proses pendidikan yang melibatkan dialog, refleksi, dan aksi. Tantangan yang dihadapi meliputi kesulitan membagi waktu, resistensi sosial, dan internalisasi nilai yang menghambat penerapan keterampilan kepemimpinan.
Kata Kunci: Pendidikan Kritis, Kepemimpinan Perempuan, SP Sumbawa, dan Kelompok Pelita Bumi Tarusa
Article Details
References
Afida, I., Diana, E., & Agus Puspita, D. M. . (2021). Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FALASIFA?: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 45–61. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.553
Amelia, N., & Apriansyah, A. (2023). Peran Komunitas Solidaritas Perempuan Sumbawa Dalam Melindungi Buruh Migran Dikabupaten Sumbawa (2021). Proceeding Of Student Conference, 1(5), 652–669. http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/468%0Ahttps://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/download/468/327
Azizah, N. (2021). Aliran Feminis dan Teori Kesetaraan Gender dalam Hukum. Journal Of Gender and Children Studies, 1(1), 1–10. file:///C:/Users/UseR/Downloads/163-Article Text-642-1-10-20220210 (1).pdf
Bethari, R. A. (2024). Eksistensi Dan Kebebasan Dalam Pemikiran Paulo Freire?: Menuju Humanisasi Melalui Kesadaran Kritis. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 30, 1–12. file:///C:/Users/UseR/Downloads/RATRI+AYU+BETHARI+1-12.pdf
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Fajri, R. A., & Kirana, A. W. (2020). Pandangan Feminisme Dalam Lagu Dear Future Husband Oleh Meghan Trainor. Etnolingual, 4(2), 104–125. https://doi.org/10.20473/etno.v4i2.23129
Hajis.Muh, A. A. (2022). Partisipasi Perempuan dalam Kepemimpinan HMPS Pendidikan Sosiologi FIS-H UNM. Sosiologi, 2(3), 115–123. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3274220&title=Partisipasi+Perempuan+Dalam+Kepemimpinan+Hmps+Pendidikan+Sosiologi+FIS-H+UNM&val=28750
Hartono, R. (2021). Kepemimpinan Perempuan di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 82–99. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jupank/article/view/1466
Kamil, I., & Ratnasari, D. (2023). Kontruksi pemikiran Paulo Freire tentang kebijakan merdeka belajar dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Humanika, 23, 141–154. file:///C:/Users/UseR/Downloads/SKRIPSI LENGKAP DADANG AFRIANSYAH.pdf
Kholifah, F. N., & Masruroh, R. S. (2022). Peran Ganda Perempuan Dalam Budaya Patriarki Di Indonesia Menggunakan Analisis Said Ramadhan Al-Buthi. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 5(2), 173–184. file:///C:/Users/UseR/Downloads/170-669-1-PB.pdf
Khotimah, J., & Wulansari, D. (2024). Efektivitas Gaya Kepemimpinan Perempuan dalam Mendorong Motivasi dan Kinerja Pegawai. Social Sciences Journal, 3, 79–106. https://journal.pdphi.com/index.php/SSJ/article/view/65
Kusumawati, N. A. (2023). Telaah Kritis Teori Belajar Kognitif Paulo Freire terhadap SistemPendidikan di Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Prossiding-Hmp-Uns/publication/381302550_Telaah_Kritis_Teori_Belajar_Kognitif_Paulo_Freire_terhadap_Sistem_Pendidikan_di_Indonesia/links/66671060de777205a31fd872/Telaah-Kritis-Teori-Belajar-Kognitif-Paulo-Freire-terhad
Maharani, I. S., Nugraha, A., & Pratama, R. K. (2024). Optimalisasi Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Membangun Kesetaraan Gender. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(3), 3042–3048. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/3461%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/3461/2466
Nafisah, U., & Nurfuadi. (2021). Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire). Jurnal Penelitian Agama, 22. https://doi.org/10.24090/JPA.V22I2.2021.PP199-212
Narles, A., Kurniawati, K., & Marta, N. A. (2023). Peranan Organisasi Solidaritas Perempuan terhadap Nasib Buruh Migran Perempuan, 1990-1998. Jurnal Pattingalloang, 10(1), 38. https://doi.org/10.26858/jp.v10i1.36109
Ningrum, W. S. (2024). Fenomena Keberhasilan Feminisme (Studi Gender Feminisme Liberal dan Feminisme Radikal). Familia: Jurnal Hukum Keluarga, 5(1), 25–36. https://doi.org/10.24239/familia.v5i1.197
Nur, M. A., & Saihu, M. (2024). Pengolaan Data. Ilmiah Sain Dan Teknologi, 2(11), 163–175. file:///C:/Users/UseR/Downloads/scientica+PENGOLAHAN+DATA...pdf
Nurlatifa, Zai, R., Samsuri, & Suyato. (2023). Kajian Pemikiran Paulo Freire: Penerapan Pendidikan Hadap Masalah Dalam Pendidikan Kewargangeraan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5443
Rahmayanti, S., Kalma, F., & Khairi, A. (2023). Ranan Kepemimpinan Perempuan Dalam Jabatan Publik (Studi Kasus Desa Selampaung Kabupaten Kerinci). Jurnal Administrasi Nusantara Maha (JAN-Maha), 5(9), 903–913.
Seli Muna Ardiani. (2022). Pentingnya Pendidikan Krisis Feminis dan mengangkat pengalaman Perempuan sebagai Sumber Pengetahuan. Jurnal Perempuan. https://www.jurnalperempuan.org/tokoh-feminis/ririn-hajudianipentingnya-pendidikan-kritis-feminis-dan-mengangkat-pengalaman-perempuan-sebagai-sumber-pengetahuan%0A%0ARirin Hajudiani: Pentingnya Pendidikan Kritis Feminis dan Mengangkat Pengalaman Perempuan
Setyawan, D., Nugroho, D., & Baikhaqi, I. (2022). Pendidikan Alternatif dalam Pemberdayaan Perempuan: Kontribusi Komunitas Epistemik Payungi dalam Membangun Pengetahuan. Dialog, 45(2), 232–247. https://doi.org/10.47655/dialog.v45i2.674
Sobon, K., & Astari, T. (2024). Konsep Pendidikan Berbasis Masalah Paulo Freire dan Relevansinya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Filsafat Indonesia, 7. https://doi.org/10.23887/jfi.v7i2.71506
Suriani, Safei, Rosdiana, & Basam, F. (2023). Konsep Pendidikan Paulo Freire Dalam Pebentukan Karakter Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 05(2), 140–146. file:///C:/Users/UseR/Downloads/40041-Article Text-121174-1-10-20230728.pdf
Yusrina, A. S., Farandy, R. R., & Anshori, M. I. (2023). Kepemimpinan Dan Gaya Manajemen?: Studi Literature. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1. https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v1i3.804