PENERAPAN MERDEKA BELAJAR MELALUI REVITALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENYARING SUMBAWA

PENERAPAN MERDEKA BELAJAR MELALUI REVITALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENYARING SUMBAWA

Authors

  • Nadila Cantika Ramdani Program Studi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Undikma – Mataram
  • Iga Mawarni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas samawa – Sumbawa
  • Dona Arsinta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas samawa – Sumbawa
  • Liaten Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas samawa – Sumbawa
  • Fauzia Dwi Kayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas samawa – Sumbawa
  • Muhammad Hidayatullah Teknik Elektro UTS
  • Indra Darmawan Teknik Elektro UTS

DOI:

https://doi.org/10.36761/jpres.v3i2.6275

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Mengajar melalui revitalisasi perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri 1 Penyaring Kabupaten Sumbawa bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar melalui peran mahasiswa. Revitalisasi perpustakaan, yang merupakan bagian dari program Kampus Mengajar, melibatkan mahasiswa dalam membantu sekolah-sekolah meningkatkan fasilitas dan kegiatan literasi di perpustakaan. 

Bentuk dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah (1) meningkatkan literasi dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menarik bagi siswa, sehingga mendorong minat baca dan kemampuan literasi mereka. (2) pengalaman belajar nyata bagi mahasiswa berupa pengalaman langsung dalam dunia pendidikan dengan membantu guru dan sekolah dalam berbagai kegiatan, termasuk pengelolaan perpustakaan. (3) peningkatan fasilitas berupa upaya pembenahan fisik perpustakaan, seperti penataan rak buku, pengadaan buku-buku baru, dan perbaikan pencahayaan serta ventilasi. (4) pengembangan literasi dan numerasi dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui berbagai kegiatan di perpustakaan, seperti membaca bersama, diskusi buku, dan permainan edukatif. Dan terakhir penguatan peran perpustakaan untuk mengembalikan fungsi perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar yang optimal bagi siswa dan guru. Harapannya dari apa yang telah dibuat dan dikerjakan ini dapat dijaga serta dimanfaatkan seluas-luasnya bagi masyarakat terutama siswa sehingga berdampak bagi peningkatan lierasi dan numerasi generasi penerus bangsa.

Published

2025-07-20

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)