Perkembangan Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2-3 Tahun (Kajian Psikolinguistik)
DOI:
https://doi.org/10.36761/mantra.v1i2.3498Kata Kunci:
Bahasa, Pemerolehan bahasa, AnakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 2 dan 3 tahun khususnya pada kemampuan fonologi. Sebagaimana diketahui, bahasa mempunyai bunyi yang arbiter atau mana suka yang berarti tidak terdapat suatu keharusan bahwa suatu rangkaian bunyi tertentu harus mengandung arti yang tertentu pula atau biasa disebut sebagai makna sebuah kata. Pemerolehan bahasa pada anak pertama kali didapatkan secara lisan dengan ejaan yang sederhana hingga bisa mengucapkannya dengan baik disebut bahasa ibu atau bahasa pertama.Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana menggunakan metode simak, libat, dan cakap. Penelitian ini dilaksankan di berbagai rumah yang memliki anak berusia 2 dan 3 tahun yaitu di Kampung Irian Bawah, kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa. Hasil dari penelitian ini pada anak usia 2-3 tahun pemerolehan bidang fonologi telah tampak dimana ditemukan anak usia tersebut telah menguasai telah menguasai bunyi konsonan, diftong, dan vokal. Anak-anak usia 2-3 tahun telah mampu menggunakan bunyi pelafalan kata dan kalimat, penggunaan dalam pemerolehan konsonan, beberapa anak usia 3 tahun belum mampu melafalkan vokal /r/.
Referensi
Chaer, A. (2015). Psikolinguistik. Rineka Cipta.
Clark, Herbert H and Eve V. Clark. 1977. Psychology and Language. New York: Harcourt Brace Javanovich. Corder. 1981.
Eni Zubaidah. (2003). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP. UNY.
Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences. Diterjemahkan oleh: Yelvi Andri Zainur. Jakarta: Daras Book.
Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan AUD.
Kridalaksana. (2002). Struktur, Kategori, dan Fungsi Dalam Teori Sintaksis. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Marat, Samsuniwiyati. (2015). Psikolinguistik. Bandung. Universitas Padjajaran.
Pateda, Mansoer. 1990. Aspek-aspek Psikolinguistik. Flores: Nusa Indah.
Sasangka. 2000. Lingusitik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, W. S. (2023). Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Di Indonesia Sebuah Kajian Psikolinguistik Pemrolehan Bahasa Kedua. Mantra, 1.
Van Tiel Julia, M. 2011. Pendidikan Anak Terlambat Bicara. Jakarta: Prenada Media Group.
Yulaicha, Retno. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Diniyah Al Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.