The Perancangan Branding Panganan Tradisional “Poteng Jadi” melalui Media Desain Kemasan
Kata Kunci:
Branding; Desain Kemasan; Tape Ketan; Sumbawa.Abstrak
Sumbawa kaya akan panganan tradisional yang unik, salah satunya adalah poteng jadi atau tape ketan susu. Panganan ini memiliki potensi budaya dan eknonomi yang tinggi, namun sayangnya belum dikembangkan secara maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah melalui perancangan branding poteng jadi sebagai panganan khas, unik, bergizi, dan sehat melalui media desain kemasan. Branding dilakukan dengan melakukan kajian pasar, menyusun strategi branding, merancang identitas merek, dan merancang desain kemasaran produk. Diharapkan melalui penelitian ini, baik pemerintah daerah maupun masyarakat dapat mengoptimalkan pengembangan produk poteng jadi sebagai salah satu produk unggulan daerah yang dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumbawa senidiri.