PENGARUH ETIKA BISNIS TERHADAP KEBERLANJUTAN INDUSTRI ASURANSI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika bisnis pada keberlanjutan industri asuransi. Dalam industri asuransi, praktik etika bisnis memiliki peran penting dalam mempengaruhi kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan, reputasi perusahaan, serta pengendalian risiko dan penurunan klaim yang merugikan. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan dari sumber-sumber terpercaya. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa etika bisnis dalam industri asuransi melibatkan prinsip-prinsip seperti transparansi, keadilan, tanggung jawab sosial, dan keberlanjutan. Temuan penelitian ini memiliki implikasi teoretis dan praktis yang signifikan dalam memahami pentingnya penerapan etika bisnis dalam menjaga keberlanjutan industri asuransi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pemangku kepentingan industri asuransi meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika bisnis, mengintegrasikan prinsip-prinsip etika bisnis dalam kebijakan dan praktik perusahaan, serta melakukan upaya pemantauan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang peran etika bisnis dalam meningkatkan keberlanjutan industri asuransi dan menjadi dasar untuk penelitian lanjutan di masa depan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© [2018] Jurnal Manajemen dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa.
Artikel ini dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional (CC BY-NC 4.0).
Melalui lisensi ini, penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan lisensi Creative Commons yang sama.
Pihak lain diperbolehkan menyalin, mendistribusikan, menampilkan, dan mengadaptasi karya ini hanya untuk tujuan non-komersial, dengan syarat mencantumkan nama penulis asli, sumber publikasi, dan tautan ke lisensi, serta menunjukkan perubahan yang dilakukan jika ada.
Penulis diperbolehkan mengunggah versi terbit dari artikelnya ke repositori institusi atau situs pribadi dengan mencantumkan pengakuan atas publikasi awal di jurnal ini.
References
Fombrun, C., & Foss, C. (2004). Business ethics: Corporate responses to scandal. Corporate Reputation Review, 7, 284–288.
Hidayat, I. N., Maulana, I., & Andriani, N. (2021). Menghubungkan CSR Rating, Kinerja Perusahaan dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 69–78.
Lina, L. F., & Nani, D. A. (2020). Kekhawatiran Privasi Pada Kesuksesan Adopsi FLina, L. F., & Nani, DA (2020). Kekhawatiran Privasi Pada KesukLina, LF, & Nani, DA (2020). Kekhawatiran Privasi Pada Kesuksesan Adopsi FLina, LF, & Nani, DA (2020). Kekhawatiran Privasi Pada Kes. Performance, 27(1), 60–69.
Novita, D., & Husna, N. (2020a). The influence factors of consumer behavioral intention towards online food delivery services. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 3(2), 40–42.
Novita, D., & Husna, N. (2020b). The influence factors of consumer behavioral intention towards online food delivery services. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 3(2), 40–42.
Nurvita, T. (2020). Fraud Ditinjau dari Falsafah Sains dan Etika Bisnis Kasus Mega Korupsi PT Asuransi Jiwasraya. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 30–41.
Sari, R. N., Al Musadieq, M., & Sulistyo, M. C. (2018). Analisis Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Pt. Pelabuhan Indonesia III (Persero). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(1), 90–99.
Susanto, D. (2023). Etika Bisnis. TOHAR MEDIA.
Wulandari, S. (2017). Good corporate governance dalam perspektif etika bisnis. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(3), 184–199.