PENGARUH ETIKA BISNIS TERHADAP KEBERLANJUTAN INDUSTRI ASURANSI

Main Article Content

Deny Susanto susant

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika bisnis pada keberlanjutan industri asuransi. Dalam industri asuransi, praktik etika bisnis memiliki peran penting dalam mempengaruhi kepercayaan pelanggan, kepuasan pelanggan, reputasi perusahaan, serta pengendalian risiko dan penurunan klaim yang merugikan. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan dari sumber-sumber terpercaya. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa etika bisnis dalam industri asuransi melibatkan prinsip-prinsip seperti transparansi, keadilan, tanggung jawab sosial, dan keberlanjutan. Temuan penelitian ini memiliki implikasi teoretis dan praktis yang signifikan dalam memahami pentingnya penerapan etika bisnis dalam menjaga keberlanjutan industri asuransi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pemangku kepentingan industri asuransi meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika bisnis, mengintegrasikan prinsip-prinsip etika bisnis dalam kebijakan dan praktik perusahaan, serta melakukan upaya pemantauan dan pengawasan yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang peran etika bisnis dalam meningkatkan keberlanjutan industri asuransi dan menjadi dasar untuk penelitian lanjutan di masa depan

Article Details

How to Cite
susant, D. S. (2023). PENGARUH ETIKA BISNIS TERHADAP KEBERLANJUTAN INDUSTRI ASURANSI. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 27-32. https://doi.org/10.37673/jmb.v6i1.2922
Section
Articles

References

Fombrun, C., & Foss, C. (2004). Business ethics: Corporate responses to scandal. Corporate Reputation Review, 7, 284–288.

Hidayat, I. N., Maulana, I., & Andriani, N. (2021). Menghubungkan CSR Rating, Kinerja Perusahaan dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 69–78.

Lina, L. F., & Nani, D. A. (2020). Kekhawatiran Privasi Pada Kesuksesan Adopsi FLina, L. F., & Nani, DA (2020). Kekhawatiran Privasi Pada KesukLina, LF, & Nani, DA (2020). Kekhawatiran Privasi Pada Kesuksesan Adopsi FLina, LF, & Nani, DA (2020). Kekhawatiran Privasi Pada Kes. Performance, 27(1), 60–69.

Novita, D., & Husna, N. (2020a). The influence factors of consumer behavioral intention towards online food delivery services. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 3(2), 40–42.

Novita, D., & Husna, N. (2020b). The influence factors of consumer behavioral intention towards online food delivery services. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 3(2), 40–42.

Nurvita, T. (2020). Fraud Ditinjau dari Falsafah Sains dan Etika Bisnis Kasus Mega Korupsi PT Asuransi Jiwasraya. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(1), 30–41.

Sari, R. N., Al Musadieq, M., & Sulistyo, M. C. (2018). Analisis Implementasi Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance Pada Pt. Pelabuhan Indonesia III (Persero). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(1), 90–99.

Susanto, D. (2023). Etika Bisnis. TOHAR MEDIA.

Wulandari, S. (2017). Good corporate governance dalam perspektif etika bisnis. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(3), 184–199.