Analisis Strategi Online Marketing Travelio Dengan Metode AISAS
DOI:
https://doi.org/10.36761/jitsa.v6i2.5475Kata Kunci:
AISAS, Brand Awareness, Strategi Marketing Online, TravelioAbstrak
Sejak didirikan pada tahun 2015 hingga Oktober 2020, diketahui bahwa brand awareness Travelio masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan para kompetitornya di bidang penjualan jasa penginapan. Namun, diketahui bahwa jumlah kunjungan website serta unduhan aplikasi Travelio mengalami peningkatan pada akhir tahun 2021. Menanggapi fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing yang digunakan Travelio, dimana Travelio saat itu berfokus menggunakan strategi pemasaran secara online. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi dengan metode online etnografi, kemudian dianalisis menggunakan metode AISAS. Hasil penelitian dijabarkan secara deskriptif berupa strategi pemasaran online apa saja yang telah dilakukan Travelio berdasarkan pendekatan AISAS. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa Travelio menggunakan berbagai strategi online marketing dengan memanfaatkan berbagai platform mulai dari website, ads, dan media sosial. Selain itu, diketahui juga bahwa tahapan share berhasil dicapai Travelio, serta bahasan literaturnya dimana tahapan ini mirip dengan konsep electronic word of mouth di era digital saat ini.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Industri dan Teknologi Samawa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



