PENERAPAN BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN KLINIK/PRAKTIK BERSAMA 24JAM dr. HADI SUSANTO SURABAYA
Keywords:
Usaha Kesehatan, Strategi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Zaman seperti sekarang ini kesehatan adalah aspek utama yang menjadi prioritas dalam kehidupan setiap
manusia. Terutama dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang wajib
terpenuhi untuk menjaga rutinitas dan pekerjaan agar tidak terhambat. Klinik merupakan salah satu penyelenggara
pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum yang memberikan pelayanan yang bermutu dan professional kepada
setiap pasiennya. Klinik/Praktik Bersama 24Jam dr. Hadi Susanto adalah salah satu klinik pratama rawat jalan yang
didirikan perorangan di Kota Surabaya. Melayani masyarakat sekitar Surabaya dan Sidoarjo tepatnya di daerah
Rungkut dan Waru. Penenlitian ini bertujuan penerapan bauran pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Model pendekatan ini adalah deskriptif kualitatif yang mencermikan gambaran dari suatu keadaan tertentu. Metode
analisis yang digunakan adalah bauran pemasaran (marketing mix). Sehingga mendapatkan beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Dari hasil penelitian menggunakan bauran pemasaran (marketing mix)
faktor yang paling mempengaruhi adalah promotion (promosi), product (produk), process (proses), price (harga),
place (tempat), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik).
References
(1) Abbas, F. (2015). Pengaruh Marketing Mix
Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home
Industry Moshimoshi Cake Samarinda). eJournal
Administrasi Bisnis.
(2) Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh
Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen
pada Warung Kanasha di Kota Langsa. Jurnal
Manajemen dan Keuangan.
(3) Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016).
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online.
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.
(4) Juniardi, A., Haerani, S., & Munir, A. R. (2018).
Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap
Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Novotel
Makassar Grand Shayla City Center. Hasanuddin
Journal of Aplied Business and Entrepreneurship.
(5) Moensaku, P. Y., & Kune, S. J. (2016).
Implementasi Marketing Mix Pada Pemasaran
Abon Ikan di Kelurahan Humusu C, Kecamatan
Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara
(Studi Kasus Pada Kelompok Abon "Pantura").
Jurnal Agribisnis Lahan Kering.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2021 Astuti Oktaliana, Leonard Adrie Manafe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.