PENGARUH TINGKAT KEPUASAN TERHADAP FASILITAS PADA PERUMAHAN GRIYA DIMENSI SINAKSAK TAPIAN DOLOK

Authors

  • Fandra Dikhi Januardani SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MARS PEMATANGSIANTAR
  • Rosintan Sipayung STIE Mars Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.37673/jmb.v5i1.1579

Keywords:

Fasilitas, Kepuasan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dari konsumen Perumahan Griya Dimensi dari fasilitas yang diberikan pihak developer perumahan, mengetahui apakah ada pengaruh antara fasilitas yang diberikan terhadap tingkat kepatuhan pembayaran konsumen dan Untuk mengetahui apakah fasilitas perumahan mempengaruhi tingkat kenyamanan para penghuni perumahan. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini dapat menjadi bahan masukan baru kepada pihak developer untuk menjadi lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan fasilitas terhadap para konsumennya serta dapat menjadi bahan masukan yang baik bagi masyarakat sekitar yang ingin mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan pihak pengembang(developer) jikalau masyarakat ingin membeli unit perumahan yang ada. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif atau sering disebut sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian maka tingkat kepuasan terhadap fasilitas Perumahan Griya Dimensi dapat diketahui bahwa fasilitas perumahan yang saat ini tersedia mempunyai kontribusi sebesar 31,60 % terhadap tingkat kepuasan konsumen yang ada di Perumahan Griya Dimensi, sedangkan sisanya yaitu sekitar 68,40 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti didalam penelitian ini.

Kata kunci : Fasilitas, Kepuasan

References

Hugiono dan Poerwanto. (2000).

Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta. PT. Bina Aksara.

Badudu dan Zain. (2001). Kamus

Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Gottschalk, Lois. Nugroho

Notosusanto (2000). Mengerti Sejarah. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

Peraturan Menteri Negara Perumahan

Rakyat No. 22/PERMEN/M/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Perumahan Rakyat Daerah Provinsi dan

Daerah Kabupaten/Kota

Kotler, Philip. (2006). Manajemen

pemasaran, jilid 1, Edisi kesebelas, Jakarta. PT Indeks Gramedia.

Lovelock, Christoper dan Jochen

Wirtz. (2011). Service Marketing. New JerseyUSA : Pearson

Kotler, Philip (2000). Prinsip –

Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo

Suwardi. (2011). “Menuju Kepuasan

Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan”. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol. 11. No. 1.Semarang: Politeknik Negeri Semarang.

Basu, Swasta dan Irawan. (2008).

Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Kotler, Philip. (2005).Manajemen

Pemasaran. Jilid 2. Jakarta : PT IndeksKelompok Gramedia

Kotler, Philip, (1995). Manajemen

Pemasaran, Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Kegunaan, Edisi Kedelapan, Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian

Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sipayung, Rosintan. (2018) ‘Pengaruh Pengawasan Kedisiplinan Kerja Terhadap Produksi Karet Pada Pt. Pantja Surya Perdagangan’ , Jurnal EK&BI 2018, Murni Sadar. 1(6),pp. (52-59)

Published

2022-06-30

How to Cite

Januardani, F. D. ., & Rosintan Sipayung. (2022). PENGARUH TINGKAT KEPUASAN TERHADAP FASILITAS PADA PERUMAHAN GRIYA DIMENSI SINAKSAK TAPIAN DOLOK. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 10-21. https://doi.org/10.37673/jmb.v5i1.1579