KEBIASAAN KONSUMSI BERITA ONLINE PADA INDIVIDU DEWASA AWAL : PENDEKATAN ETNOMETODOLOGI

Penulis

  • Yohanes Ivander Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia
  • Aulia Mardhatillah Bilhaq Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia
  • Fauzan Azhar Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia
  • Raihan Luthfi Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia
  • Risa Krisadhi Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia
  • Steffani Agustin Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v5i2.2953

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik sosial individu pada usia dewasa awal dalam mengonsumsi dan terlibat dengan berita media digital dalam keseharian. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah media habit dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnometodologi dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Lokasi penelitian dilakukan di Jakarta, dengan memilih informan yang berasal dari berbagai latar belakang dan profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan konsumsi berita pada usia dewasa awal di platform digital dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebutuhan informasi, kebiasaan, preferensi, dan lingkungan sosial. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam pola konsumsi berita antara media digital dengan media tradisional. Dalam kesimpulannya, penelitian ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kebiasaan konsumsi berita pada usia dewasa awal di platform digital, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini juga memberikan saran untuk penelitian lanjutan yang dapat memperluas cakupan lokasi penelitian dan memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kebiasaan konsumsi berita pada usia dewasa muda.

 

Kata Kunci : Online, Berita, Habit, Konsumsi, Media

 

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

Articles