ANALISIS PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI VIRAL MARKETING PADA INSTAGRAM VENA WASIR CENTER

Penulis

  • Siti Adelia Quraniah Universitas Paramadina
  • Abdullah Zahid Faruqi Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.36761/kagangakomunika.v5i2.3028

Abstrak

Perkembangan era digital saat ini, menciptakan fenomena dan pergeseran dalam segala bidang, salah satunya pada strategi komunikasi pemasaran. Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang terus berkembang dan populer saat ini ada viral marketing. Viral marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital untuk menyebarkan pesan secara cepat dan luas melalui jaringan sosial. Dalam strategi ini, perusahaan menciptakan konten yang menarik dan menghibur, sehingga konsumen merasa tertarik untuk membagikan konten tersebut ke teman-teman mereka di media sosial. Sebagai salah satu klinik kesehatan yang ada di Jakarta, hal ini juga disadari oleh Vena Wasir Center yang berfokus menangani penyakit masalah Wasir, Fistula, Fisura, Abses, Kondiloma dan gangguan Anorektal. Data dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2022, orang yang menderita penyakit wasir menyentuh angka 20 juta orang di Indonesia. Walaupun jumlah penderita termasuk besar, banyak pasien tidak menyadari dan belum memahami mengenai penyakit wasir ini, karena masih dikategorikan sebagai penyakit yang tabu dan memalukan sehingga penderita lebih memilih untuk menyembunyikan dan membiarkannya.Vena Wasir menyadari bahwa untuk menyentuh target pasarnya, diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang berbeda dan dapat menggapai seluruh masyarakat. Penelitian ini ingin mengetahui dan melakukan analisis mengenai strategi komunikasi viral marketing apa yang diterapkan oleh Vena Wasir Center pada media instagram.

 

Kata Kunci : Instagram, Strategi Komunikasi Pemasaran, Vena Wasir Center, Viral Marketing.

Diterbitkan

2023-11-27

Terbitan

Bagian

Articles